Pages

Thursday, June 9, 2011

Cloud Computing

Konsep Cloud Computing
Akhir-akhir ini semakin banyak pembahasan mengenai Cloud Computing. Yang paling terbaru adalah munculnya sebuah layanan "Cloud" dari sebuah perusahaan yang lagi "HOT" di dunia, yaitu Apple.

Seperti diketahui jika saat ini Apple mengadakan sebuah event besar, yang dijadikan sebagai ajang untuk unjuk gigi dari produk-produk terbarunya. Event itu bernama WWDC, Worldwide Developer Conference 2011.
Di Event itu Apple mengenalkan sebuah produk barunya yang diberi nama iCloud.

iCloud yang ditawarkan ole Apple ini adalah salah satu contoh layanan yg termasuk dalam Cloud Computing. Yang bisa diartikan dengan teknologi internet yang penyimpanan/ pemrosesan datanya ada "di awan". Arti "di awan" ini bukan berarti secara fisik data2 kita akan disimpan di awan, tetapi data kita akan disimpan/diproses disuatu tempat yang bisa kita akses kapanpun & dimanapun.

Disimpan pada suatu lokasi (server) yang disediakan oleh perusahaan/organisasi
 yang memang fokus menangani layanan ini. Dengan demikian kita sebagai customer hanya tinggal menyimpan/memproses data2 kita sesuai dengan kebutuhan bisnis yang ada, tanpa perlu pusing dengan segala macam teknologi yang digunakan.

Data2 yang disimpan "di awan", akan bisa diakses menggunakan bermacam-macam device dan dari lokasi manapun (ilustrasi pada gambar diatas).

bersambung -> Cloud Computing (Pro & Cons)

No comments:

Post a Comment